Advertisements

Fraksi Harga Saham di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Jual beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) harus sesuai dengan fraksi atau rentang harga yang diperbolehkan bagi investor untuk membeli saham perusahaan yang tercatat dan diperdagangkan di BEI.

Sesuai dengan Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia , Kep-00005/BEI/01-2011 bahwa Harga Efek Bersifat Ekuitas yang diperdagangkan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai harus sesuai dengan Fraksi Harga atau kelipatannya. Untuk Harga Efek Bersifat Ekuitas yang diperdagangkan di Pasar Negosiasi ditetapkan berdasarkan kesepakatan dari Anggota Bursa Efek jual dan Anggota Bursa Efek beli tanpa harus mengacu pada besaran Fraksi Harga.

Besaran Fraksi Harga Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler dan Pasar Tunai ditetapkan sebagai berikut:

  1. Untuk Efek Bersifat Ekuitas dengan Harga Previous kurang dari Rp 200,- (dua ratus rupiah) ditetapkan fraksi sebesar Rp 1,- (satu rupiah) dan untuk setiap jenjang perubahan harga, maksimum yang diperkenankan adalah Rp 10,- (sepuluh rupiah)
  2. Untuk Efek Bersifat Ekuitas dengan Harga Previous berada dalam rentang Rp 200,- (dua ratus rupiah) sampai dengan kurang dari Rp 500,- (lima ratus rupiah) ditetapkan fraksi sebesar Rp 5,- (lima rupiah) dan untuk setiap jenjang perubahan harga, maksimum yang diperkenankan adalah Rp 50,- (lima puluh rupiah)
  3. Untuk Efek Bersifat Ekuitas dengan Harga Previous berada dalam rentang Rp 500,- (lima ratus rupiah) sampai dengan kurang dari Rp 2.000,- (dua ribu rupiah), ditetapkan fraksi sebesar Rp 10,- (sepuluh rupiah) dan untuk setiap jenjang perubahan harga, maksimum yang diperkenankan adalah Rp 100,- (seratus rupiah).
  4. Untuk Efek Bersifat Ekuitas dengan Harga Previous berada dalam rentang Rp 2.000,- (dua ribu rupiah) sampai dengan kurang dari Rp 5.000,- (lima ribu rupiah), ditetapkan fraksi sebesar Rp 25,- (dua puluh lima rupiah) dan untuk setiap jenjang perubahan harga, maksimum yang diperkenankan adalah Rp 250,- (dua ratus lima puluh rupiah)
  5. untuk Efek Bersifat Ekuitas dengan Harga Previous Rp 5.000,- (lima ribu rupiah) atau lebih, ditetapkan fraksi sebesar Rp 50,- (lima puluh rupiah) dan untuk setiap jenjang perubahan harga, maksimum yang diperkenankan adalah Rp 500,- (lima ratus rupiah).

Tabel Satuan Perubahan Harga (Fraksi) :

Harga

Step Value

Maximum Price Step *

< Rp 200 Rp 1 Rp 10
Rp 200 to < Rp 500 Rp 5 Rp 50
Rp 500 to < Rp 2,000 Rp 10 Rp 100
Rp 2,000 to < Rp 5,000 Rp 25 Rp 250
> Rp 5,000 Rp 50 Rp 500

 Catatan

* Jenjang maksimum perubahan harga adalah 10x fraksi harga, masih berada di bawah batas auto rejection dan tidak berlaku pada pre-opening.

Fraksi dan jenjang maksimum perubahan harga di atas berlaku untuk satu Hari Bursa penuh dan disesuaikan pada Hari Bursa berikutnya jika Harga Penutupan berada pada rentang harga yang berbeda. Jenjang maksimum perubahan harga dapat dilakukan sepanjang tidak melampaui batasan persentase auto rejection. (sumber:bei)

Cara Cepat Belajar Saham

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s