Advertisements

Pasar Modal : Arti dan Manfaat

Apa itu Pasar Modal?

Pasar Modal lebih dikenal sebagai tempat  untuk jual beli saham, membeli obligasi, reksa dana dan sebagainya.

Menurut Undang-Undang Pasar Modal No.8 Tahun 1995, Pasar Modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek.

Dari pengertian diatas dapat dijelaskan dalam contoh kasus:

Dalam kasus perusahaan yang ingin Go Publik atau mencatatkan sahamnya di bursa, maka perusahaan tersebut akan melalui tahap yang disebut dengan penawaran umum. Penawaran umum ini tidak akan terlepas dari pihak-pihak terkait baik dari lembaga maupun profesi yang ada di pasar modal, sebelum akhirnya saham perusahaan tersebut di perdagangkan di Bursa.

Setelah Perusahaan mencatatkan sahamnya di bursa maka terjadilah transaksi pasar modal, yaitu transaksi jual beli saham perusahaan yang dilakukan oleh investor, perubahan harga saham sangat ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan yang didasari atas analisa maupun prospek dari saham perusahaan tersebut.

Kasus diatas adalah salah satu contoh kegiatan pasar modal, tidak jauh berbeda pula dengan penawaran obligasi, reksa dana dan lain lain. hanya berbeda dalam tata cara, peraturan dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut akan tercipta kegiatan pasar modal secara menyeluruh.

Manfaat Pasar Modal bersifat saling keterkaitan satu sama lain, perusahaan yang melakukan penawaran umum akan mendapatkan dana dari  investor atau masyarakat, selanjutkan perusahaan akan menggunakan dana tersebut untuk ekspansi misal ke luar kota besar dan ini tentunya akan membutuhkan tenaga kerja baru yang akan mengurangi tingkat pengangguran dan pemerataan pendapatan nasional.

Dengan perusahaan melakukan ekspansi, maka dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, sehingga saham perusahaan meningkat dan dapat memberikan bagi hasil yang meningkat dalam bentuk dividen kepada investor, semua hal ini tentu akan meningkatkan perekonomian suatu negara.

Kenaikan atau penurunan saham maupun instrumen investasi lain di pasar modal dapat menjadi indikator perkembangan perekonomian suatu negara.

 

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s