Advertisements

Saham Odd Lot

Apa Arti dari Saham Odd Lot? Saham Odd lot adalah istilah di pasar saham, dimana kepemilikan saham tidak dapat digenapkan ke dalam satu satuan lot yang berlaku.

Misalkan anda memiliki saham sebanyak 2.450 lembar maka anda memiliki dalam satuan lot sejumlah 24 lot 50 lembar (1 Lot = 100 Lembar per 6 Januari 2014), sehingga 50 Lembar ini disebut saham “Odd Lot”. Saham Odd lot tidak dapat di jual di pasar regular, karena dipasar regular transaksi perdagangannya harus dalam satu – satuan lot.

Apabila anda ingin menjual semua saham anda di pasar regular, maka anda hanya bisa menjual sebanyak 24 lot, lalu 50 lembarnya bagaimana? untuk 50 lembarnya, anda hanya bisa menjual di pasar non regular yaitu pasar tunai dan negosiasi. bagaimana dengan harganya? Harga jual saham bisa sama dengan di pasar regular atau berbeda, tergantung dari negosiasi yang dilakukan.

Namun, jangan takut anda tidak dapat menjualnya, Karena perusahaan sekuritas anda akan membantu untuk menjual saham anda bahkan saham anda bisa dibeli oleh perusahaan sekuritas anda.

Bagaimana saham “Odd Lot” bias terjadi? Hal yang menyebabkan investor memiliki saham Odd Lot adalah berasal dari aksi korporasi perusahaan, misal pembagian saham bonus, dividen saham, stock split dan reverse stock.

Misal anda memiliki saham sebanyak 10 lot atau 1000 lembar pada PT XYZ. lalu PT XYZ akan membagikan saham Bonus sebanyak 20 : 11, maka anda akan mendapatkan saham bonus sebanyak (1000:20) x 11 = 550 lembar. sehingga saham ada akan menjadi 1.550 lembar atau 15 lot 50 lembar. maka anda memiliki saham Odd lot sebanyak 50 lembar. ada 2 hal yang bisa anda lakukan, yaitu menjual saham Odd lot itu atau membeli 50 lembar saham lagi agar saham anda genap dalam satuan lot.

(pusatis)

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s