Advertisements

Kartu AKses, Pemantau Keamanan Kepemilikan Efek Bagi Investor

Kartu Akses InvestorAKSes merupakan singkatan dari Acuan Kepemilikan Sekuritas. AKses dibuat sebagai sarana perlindungan dan transparansi informasi dalam bertransaksi di pasar modal. AKses difasilitasi oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian.

Akses digunakan untuk memantau pergerakan Efeknya yang dibukukan oleh Pemegang Rekening (Perusahaan Efek dan Bank Kustodian) secara real time hingga 30 hari terakhir.

Fasilitas AKSes KSEI diluncurkan pada 18 Juni 2009 dengan nama sebelumnya Fasilitas Investor Area. Melalui Fasilitas AKSes KSEI, investor sebagai nasabah Pemegang Rekening KSEI mempunyai hak istimewa untuk melihat dan memonitor pergerakan Efek miliknya yang tersimpan dalam Sub Rekening Efek di KSEI. Cukup klik http://akses.ksei.co.id pada tampilan Internet Explorer, investor dapat melakukan inquiry (balance,movement, instruction), history dan activity terhadap Efek miliknya dengan prosedur tertentu yang telah ditentukan KSEI tanpa
dikenakan biaya.

Bapepam-LK telah mewajibkan seluruh Pemegang Rekening KSEI memenuhi permintaan investor yang mengajukan permohonan
Fasilitas AKSes KSEI melalui surat No.: S-4882/BL/2009 tanggal 8 Juni 2009. Cara untuk mendapatkan Fasilitas AKSes KSEI ini sangat mudah. Investor terlebih dahulu harus memiliki Sub Rekening Efek di KSEI, lalu mengisi formulir pada website Fasilitas AKSes KSEI, dan menyerahkannya kepada Perusahaan Efek atau Bank Kustodian tempat investor menitipkan aset miliknya untuk diproses di KSEI.

Setelah menerima permohonan investor, KSEI melalui Pemegang Rekening akan mengirimkan Kartu AKSes yang berisi Investor ID dan Pin Mailer yang berisi Pin Code yang diperlukan untuk mengakses website Fasilitas AKSes KSEI. Investor ID ini merupakan nomor unik yang dihasilkan oleh sistem KSEI sebagai jaminan keamanan dan kerahasiaan data
milik investor.

Kedepannya, Investor ID ini akan menjadi identitas tunggal (Single ID) bagi investor dalam seluruh aktivitas di pasar modal Indonesia, mulai dari transaksi di bursa hingga penyelesaiannya di KSEI. Sebelum diluncurkan, fasilitas perlindungan milik KSEI ini telah melewati serangkaian pemeriksaan yang mendalam oleh konsultan independen. Di sisi lain, setiap investor yang akan menggunakan Fasilitas AKSes KSEI pertama kali, harus menjawab 5 (lima) pertanyaan (disebut dengan istilah secret question) yang tampak pada layar website. Selanjutnya, saat
mengakses pada kesempatan berikutnya, pertanyaan tersebut akan muncul secara acak sebanyak 2 (dua) buah, dimana investor harus menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang disimpan di database.

Investor yang memiliki lebih dari satu Sub Rekening Efek di Perusahaan Efek atau Bank Kustodian yang berbeda, dapat menghubungkan Investor ID yang telah diperoleh dengan semua Sub Rekening Efek miliknya sehingga tercipta konsolidasi data yang akurat dan real time. Jadi, dengan mudah investor dapat melihat seluruh data Efeknya yang ada di berbagai Perusahaan Efek atau Bank Kustodian. Alhasil, investor dapat memantau, apakah ada pergerakan Efek atau aset miliknya yang tidak sesuai dengan instruksi yang diminta investor.

Diharapkan, melalui Fasilitas AKSes KSEI, kepercayaan pelaku pasar modal, khususnya investor terhadap pasar modal Indonesia yang transparan dan terpercaya semakin meningkat. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, termasuk petunjuk penggunaan Fasilitas AKSes KSEI, silahkan menghubungi Call Center KSEI di nomor telepon (+62 21) 515 2855, Toll Free 0800-1-865734 atau website KSEI http://www.ksei.co.id.

Sumber : BEI Tahun 2010

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s