Advertisements

Dasar – Dasar Investasi Saham

Investasi adalah kegiatan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang atau melipatgandakan kekayaan.

Investasi dalam bentuk modal adalah penyertaan modal kedalam suatu usaha atau perusahaan dengan tujuan mendapatkan profit atau keuntungan dimasa yang akan datang.

Penyertaan modal diawal perusahaan dibangun adalah dalam bentuk modal disetor. Bentuk penyertaan modal saat ini yang paling dikenal adalah dalam bentuk saham.

Kepemilikan saham bisa diperjual belikan di dalam sebuah pasar yakni pasar modal. Pasar modal memberikan ruang bagi perusahaan untuk menjual saham ke publik atau masyarakat dan mendapatkan dana segar untuk tujuan meningkatkan kinerja perusahaan.

Investasi saham adalah penyertaan modal dalam bentuk kepemilikan saham. Saham memberikan keuntungan berupa dividen dan kenaikan harga saham dan resiko investasi saham antara lain penurunan nilai saham atau perusahaan mengalami pailit.

Resiko dapat diminimalisir dengan cara diversifikasi portofolio saham atau membeli saham dari berberapa perusahaan dan membeli perusahaan dengan kinerja keuangan yang solid.

Selamat Berinvestasi

Disclaimer

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s