Advertisements

Waran “si pemanis saham”

Salah satu intrumen investasi yang cukup populer dan sering ditransaksikan di bursa adalah waran.

Waran biasanya akan dibagikan secara gratis saat perusahaan melakukan Initial public Offering (IPO). dengan pembagian yang secara cuma – cuma tersebut akan menarik bagin investor untuk membeli saham perusahaan tersebut.

Dari sisi perusahaan yang mengeluarkan waran belum tentu menandakan perusahaan tersebut jelek, atau merupakan strategi perusahaan agar saham laku dijual.  Namun dengan mengeluarkan waran, maka dimasa yang akan datang, perusahaan dapat memperoleh dana baru dengan penerbitan waran. karena definisi waran adalah produk turunan di pasar modal yang mempunyai hak untuk membeli saham baru perusahaan dimasa yang akan datang dengan harga pelaksanaan yang sudah ditetapkan. Waran dapat diperdagangkan di bursa.

Umur waran paling cepat adalah 6 bulan dan paling lama adalah 3 tahun, setelah umur waran tersebut sudah habis maka pemegang saham terakhir yang memegang waran memiliki hak untuk membeli saham baru pada harga yang sudah ditetapkan.

Contoh IPO saham PT Nusa Raya Cipta Tbk (NRCA)

IPO Saham PT Nusa Raya Cipta Tbk

Diatas dapat dilihat rasio perbandingan saham dengan waran yakni 306.087.000 : 102.029.000 atau 3 berbanding 1. sehingga apabila investor membeli saham perusahaan tersebut pada saat IPO maka dibagikan waran secara cuma-cuma. Apabila beli 300 saham mendapat 100 waran, beli 3000 saham dapat 1000 waran, dst.

Hal ini tidak berlaku jika membeli dipasar sekunder, perdagangankan terpisah, jika beli saham induknya maka tidak dapat waran. jika ingin memiliki waran maka harus beli dengan kode perdagangan penambahan W atau NRCA-W

Dalam penawaran tersebut masa umur waran selama 3 tahun. dimana masa perdagangan mulai tanggal 27 Juni 2013 – 23 Juni 2016, Waran diperdagangkan dengan harga awal Rp1 (satu rupiah). Pemegang saham yang memiliki waran hingga penutupan tanggal 23 juni 2016 mempunyai hak untuk membeli saham baru pada harga Rp1.050 tapi bukan kewajiban. jika tidak dieksekusi maka waran dan modal yang dimiliki untuk membeli waran akan hangus. Waran termasuk instrumen investasi yang sangat beresiko namun memiliki peluang return yang tinggi. jika saham induk dengan kode saham NRCA naik 2 % maka NRCA-W bisa naik berkali – kali lipat, dan sebaliknya.

Semoga bermanfaat

Selamat Berinvestasi

 

 

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s