Advertisements

IPO Saham Soechi Lines

PT Soechi Lines Tbk akan melantai di bursa Desember 2014, Perusahaan yang bergerak dalam Pelayaran Logistik ini menawarkan harga IPO sebesar Rp600 – 800/saham dengan jumlah saham yang ditawarkan sebanyak – banyaknya 2.571.428.500 lembar saham (30% dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum)

Sehingga hasil dana yang diperoleh sebesar  Rp 1,54 triliun – Rp 2,05 triliun, Penggunaan Dana IPO yaitu sebanyak 50% untuk pembelian kapal melalui entitas anak, sebanyak 25% digunakan untuk pembayaran lunas sebagian utang-utang entitas anak dan 25% akan digunakan untuk modal kerja entitas anak.

Selaku Penjamin pelaksana emisi (underwriter) adalah PT Mandiri Sekuritas dan RHB OSK Securities Indonesia.

Prospek Usaha

Shipping
Kebutuhan akan angkutan kapal di dalam negeri Indonesia akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan kebutuhan energi masyarakat, pembangunan refinery baru, serta penemuan penemuan lapangan produksi minyak dan gas yang baru.

Selain jumlah penduduk yang cukup besar, pertumbuhan pada kelas menengah di Indonesia akan memastikan bahwa kedepan tingkat kebutuhan energi akan terus bertambah. Pertamina sendiri memproyeksikan kebutuhan bbm bertambah 7% setiap tahunnya. Pertambahan kebutuhan energi tentunya akan dibarengi dengan pertumbuhan permintaan angkutan kapal, apalagi situasi geografis di Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Selain kebutuhan akan energi, permintaan transporatasi laut juga akan naik dengan banyaknya penemuan ladang ladang minyak dan gas baru di Indonesia yang akan segera masuk dalam tahap produksi,
1. Exxon Mobile di Cepu block yang akan segera menghasilkan 165,000 barrel minyak crude pada awal tahun 2015. Kabarnya hingga prospektus ini dibuat fasilitas Floating Storage Offloading (FSO) raksasa seukuran VLCC sudah hampir rampung di kerjakan Exxon di Singapore. Rencananya, begitu fasilitas ini tiba di lokasi, blok ini akan segera memproduksi. Tambahan crude ini akan membutuhkan beberapa kapal tipe aframax, dan MR untuk transportasi dari FSO ke kilang kilang domestik, serta nantinya kapal pengangkut produk refinery.
2. Chevron IDD project
3. Santos Ande Ande Lumut blok di Natuna
4. Husky Madura Block yang akan menghasilkan Gas and condensate.
5. BP Tangguh train 3 yang merupakan pengembangan dari ladang LNG yang sudah ada
6. Donggi Senoro LNG
7. Dan Lainnya

Di bidang pengolahan, dalam rangka menurunkan neraca perdagangan nasional (menurunkan angka import BBM) pemerintah berencana membangun kilang minyak baru dalam negeri bekerjasama dengan perusahaan minyak asing seperti Saudi Aramco, Kuwait Petroleum, dan lainnya. Penambahan ini tentunya juga akan menambah kebutuhan angkutan kapal.

Kebutuhan kapal juga akan meningkat dengan adanya program perusahaan listrik negara (PLN) dalam penggunaan bentuk energi baru yaitu Liquified natural Gas (LNG) untuk pembangkit pembangkit listrik nya. Saat ini PLN telah mengadakan 2 unit fasilitas regasifikasi LNG FSRU di jawa barat dan lampung, dan juga telah di rencanakan untuk bertambah. Hal ini tentunya akan menambah kebutuhan akan kapal laut pengangkut LNG dari lapangan produksi seperti Bontang dan BP Tangguh ke lokasi FSRU, dan kedepan juga akan banyak permintaan feeder feeder LNG kecil untuk distribusi langsung kepada pembangkit listrik kecil di daerah daerah.

Persaingan Industri Shipping

Persaingan industri shipping

Estimasi Pendapatan dan laba perusahaan

Forecast Soechi Lines

Sumber : Mandiri Sekuritas Pre Marketing

Berikut Rencana Jadwal IPO Soechi Lines

Book Building 29 Oktober – 7 November 2014

Pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  pada 20 November 2014

Masa penawaran umum pada 24-26 November 2014

Penjatahan pada 28 November 2014

Pencatatan di Bursa Efek Indonesia pada 2 Desember 2014

PEMESANAN SAHAM IPO DAN PROSPEKTUS SOECHI LINES

HUBUNGI

PT MANDIRI SEKURITAS

M. Arief Kurnia

HP : 0853 1236 0222

Office : 021-2912 4006

PIN BB : 74845DA1

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s