Advertisements

Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Versus Dollar terhadap Harga Saham

Rupiah naik dan turun setiap hari, bahkan bisa bergejolak terhadap mata uang asing, lalu bagaimana pengaruhnya terhadap harga saham?

Harga saham memang selalu mengikuti perkembangan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing, ada pengaruhnya, namun seberapa besar pengaruhnya adalah sangat ditentukan oleh perusahaan itu sendiri.

salah satunya adalah masalah hutang perusahaan apakah memakai dollar atau tidak, jika dollar naik maka dalam akuntansi dan laporan keungan akan berdampak pada rugi kurs maka mengurangi keuntungan dan harga saham bisa turun dan sebaliknya jika dolar turun maka akan untung kurs dan harga saham bisa naik. dan pada sebagian perusahaan dampak ini sangatlah besar.

Selanjutnya bahan baku maupun penjualan komoditas yang memakai mata uang asing. bahan baku yang mahal karena harus mengambil dari luar negeri akan mengurangi keuntungan sehingga harga saham bisa turun dan sebaliknya, begitu pula jika komoditas yang dijual dalam bentuk dollar, ketika rupiah menguat maka akan mengurangi keuntungan dan harga saham bisa turun. dan sebaliknya.

Itulah beberapa dampak yang terjadi jika mata uang sangat bergejolak.

 

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s