Advertisements

10 Besar MANFAAT KOPI yang Perlu Diketahui

Bagi kebanyakan orang, kopi dapat menjadi bagian dari konsumsi sehari-hari. Bahkan bagi banyak orang kopi dapat dikonsumsi sampai beberapa gelas dalam satu hari. Meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa kopi dapat memberikan dampak buruk namun pada kenyataannya banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kopi dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Kebiasaan sebagian besar orang yang mengkonsumsi kopi di pagi hari terbukti dapat membantu meningkatkan energi dan semangat bagi tubuh. Namun tentu saja manfaat ini dapat diperoleh jika kopi dikonsumsi dengan cara yang benar di waktu yang tepat. Konsumsi kopi terbaik adalah kopi yang dikonsumsi tanpa campuran pemanis buatan atau sejenisnya. Akan lebih sehat lagi jika dikonsumsi secara murni atau menggunakan gula jawa dan dinikmati setelah cukup hangat. Kemudian waktu paling ideal untuk mengkonsumsi kopidi pagi hari adalah jam 10 pagi, saat hormon kartisol tubuh mulai menurun. Manfaat lain menikmati kopi di pagi hari adalah rasa rileks sebelum memulai berbagai aktivitas. Selain itu, kandungan kafeinnya dapat membantu Anda untuk terjaga selama beraktivitas. Peneliti juga menemukan bahwa seseorang yang rutin konsumsi kopi murni saat pagi selama 4 tahun berturut-turut, ia memiliki risiko 11% lebih rendah risiko jantung. Para ahli mengungkapkan bahwa minum kopi secara rutin dan teratur memiliki banyak manfaat kesehatan baik bagi fisik maupun psikis. Perlu diketahui bahwa kopi adalah salah satu minuman yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dalam melawan berbagai penyakit dalam tubuh. Kopi juga merupakan minuman yang memiliki nutrisi terbaik untuk kesehatan otak. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari konsumsi kopi secara rutin :

1. Kopi mencegah penyakit batu empedu

Para peneliti Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25% lebih rendah dari batu empedu. Sebuah studi sebelumnya menemukan hasil yang serupa untuk pria.

2. Kopi mengurangi resiko diabetes

Penelitian menunjukan bahwa penikmat kopi memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 23-50% lebih kecil dibandingkan dengan orang-orang yang tidak meminum kopi. Hal ini terjadi karena efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

3. Kopi dapat melindungi liver (hati)

Resiko peminum kopi untuk terkena sirosis hati lebih rendah daripada orang-orang yang tidak minum kopi. Orang yang meminum 4 atau lebih gelas kopi per hari memiliki resiko untuk terkena sirosis 80% lebih rendah.

4. Kopi menurunkan resiko kanker

Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara. Selain itu kopi juga dapat mengakibatkan penurunan risiko kanker prostat.

5. Kopi meningkatkan metabolisme tubuh

Kopi dapat membantu Anda mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan. Kandungan kafein dalam kopi apat merangsang metabolisme tubuh pada orang dengan berat badan normal, sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

6. Kopi dapat mencegah depresi

Sebuah penelitian di Harvard pada tahun 2011 menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi empat gelas kopi sehari memiliki kemungkinan depresi yng lebih kecil.

7. Kopi dapat meningkatkan memori

Kopi dapat membantu meningkatkan memori , baik itu memori jangka panjang maupun jangka pendek. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein pada kopi yang akan mempengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek “rangsangan”. Efek ini meningkatkan level energi, suasana hati, kesadaran dan fungsi otak.

8. Kopi menurunkan resiko penyakit Parkinson

“Journal of American Medical Association” pada tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dan kopi akan menghasilkan risiko lebih rendah menderita  Parkinson Sebuah studi juga menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari menjadikan seseorang memiliki peluang 25% lebih kecil untuk mengalami penyakit tersebut.

9. Kopi mengandung antioksidan tinggi

Kopi mengandung antioksidan dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan penelitian menunjukan bahwa kebanyakan orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada sayuran dan buah. Kopi adalah salah satu minuman yang paling sehat di bumi.

10. Kopi meningkatkan kinerja dan performa fisik

Manfaat kafein sebelum latihan tampak dalam endurance (ketahanan), momen stop-and-go dan pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang. Hal ini juga dapat membantu atlet tampil baik selama latihan kekuatan bahkan ketika kurang tidur jika dikonsumsi satu jam sebelum latihan pada dosis 4 mg untuk setiap kg berat badan.  Kafein juga meningkatkan level adrenalin di dalam darah. Adrenalin membuat tubuh kita siap untuk digunakan secara intense. Kafein membuat sel lemak (fat cells) menghancurkan lemak tubuh, yang kemudian dilepaskan ke dalam darah sebagai energi. Oleh karena itu kafein dapat meningkatkan performa fisik sampai rata-rata 11-12%. Meski kopi sangat baik dan bermanfaat sehat buat fisik juga psikis, para ahli menyarankan agar konsumsi kopi tidak dilakukan secara berlebihan. Konsumsi kopi juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Kopi yang menyehatkan dan menurunkan berbagai risiko penyakit adalah kopi yang dikonsumsi tanpa campuran pemanis buatan atau sejenisnya. Kopi akan lebih sehat jika ia dikonsumsi secara murni atau menggunakan gula jawa dan dinikmati setelah cukup hangat. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah jangan konsumsi kopi dalam keadaan perut kosong terutama bagi yang memiliki riwayat maag.

 

Sumber : Kapal Api

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s