Advertisements

Jalan – Jalan ke Semarang, Old Harbor City dengan Sejarah Multikultural

Semarang
Old Harbor City dengan Sejarah Multikultural

Pada abad ke-15, utusan kaisar Tiongkok Zheng He, atau dikenal sebagai Laksamana Cheng Ho, menginjakkan kakinya di Jawa. Dari abad ke-17 dan seterusnya, Semarang menjadi pintu masuk untuk rempah-rempah, juga pelabuhan yang sibuk untuk perdagangan dan penumpang ketika perjalanan dilakukan didominasi oleh laut. Kota Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah, terletak tepat di pusat daerah pesisir utara pulau Jawa yang subur dan berpenduduk padat.

Posisi strategis Semarang ini menjadikan kota ini melebur dengan budaya Cina, India Arab, dan Eropa. Berkelilinglah di sekitar kediaman Cina dan kawasan komersial Belanda, Anda akan melihat pengaruh budaya yang berbeda di mana-mana. Di bagian yang lebih tua di kota dekat pelabuhan bernama Kota Lama, atau Oudstadt, berjalan-jalan untuk menjelajahi bangunan tua bersejarah di kawasan komersial Eropa.

Landmark yang paling terkenal untuk dilihat di sini adalah Koepelkerk, sebuah gereja bergaya Phanteon, yang secara lokal dikenal sebagai Gereja Blenduk, sebuah gereja Belanda berkubah tembaga yang berasal dari tahun 1753. Jangan lupa untuk mengunjungi Gedung Batu di mana berdiri kuil Cina kuno dan patung yang baru-baru ini didirikan Laksamana Cheng Ho.

Satu hal yang pasti harus Anda coba di Pecinan Semarang adalah Lumpia (Springroll) Semarang yang terkenal. Banyak orang mengatakan bahwa Gang Lombok memiliki Lumpia terbaik di seluruh kota.

Untuk pengalaman kuliner yang lengkap, Pusat Kuliner Pasar Semawis di Gang Warung adalah benar-benar suatu keharusan. Sebagian besar makanan di sini berbeda dengan apa yang akan Anda temukan di tempat lain. Di sini sejumlah kios menjual hidangan lezat dengan daging babi di dalamnya – jarang di mana pun di Jawa.

 

Berkeliling Semarang

Di Semarang, taksi ada di mana-mana. Bus-bus kecil terlihat melalui jalan-jalan kota. Mereka pergi ke berbagai bagian kota. Anda mungkin ingin bertanya kepada penduduk setempat sebelum mengambil salah satu bus kota tersebut.

Becak atau becak (trishaw) adalah pilihan yang menyenangkan untuk merasakan angin di Semarang sambil menikmati pemandangan kota. Ketika mengunjungi Kota Lama, ambillah salah satu becak tersebut, dan nikmati perjalanan santai.

 

Lokasi

Semarang dapat diakses melalui udara dan darat. Lokasinya yang strategis tidak membuatnya begitu sulit untuk sampai ke sana. Banyak maskapai domestik terbang ke Semarang dari Jakarta dan Surabaya.

Dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang, kereta api tersedia serta bus dan mobil sewaan. Pergi ke Yogyakarta dan Solo, bus tersedia.

Stasiun kereta api di Semarang disebut Stasiun Tawang. Kota ini terletak tepat di sisi utara Kota Lama. Stasiun bus ada di Terboyo, yang melayani bus antar kota.

Kapal pesiar berangkat atau mengunjungi Semarang dari pelabuhan Tanjung Emas. Mengambil pelayaran adalah cara yang bagus untuk menikmati atraksi di Jawa Tengah dengan santai. Kapal pesiar internasional juga berhenti di Semarang, menggunakannya sebagai basis untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di kawasan termasuk Borobudur dan Prambanan.

 

Wonderful Indonesia

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s