Cara Membuat Kopi Yang Enak & Nikmat

Kopi NikmatTeknik Penyeduhan Kopi Rasa kopi tidak hanya dipengaruhi oleh jenis kopi tetapi juga teknik menyeduh kopi. Kopi yang sama tetapi diseduh dengan teknik yang berbeda dapat menghasilkan rasa yang berbeda. Efek kopi gelombang ketiga yang membuat orang lebih peduli dengan kopi itu sendiri juga meningkatkan sensitivitas terhadap bagaimana kopi disajikan. Beberapa teknik pembuatan bir menjadi sangat akrab ketika kedai kopi tumbuh bersama dengan pertumbuhan penggemar kopi.

1. Pour Over

Metode ini adalah salah satu metode menyeduh kopi yang paling efisien dan cepat. Pour over adalah teknik menyeduh kopi dengan terus mengalirkan air ke bubuk kopi untuk mengekstraksi rasa, lalu menetes melalui saringan ke dalam panci saji. Metode pour over bertujuan menghilangkan rasa yang lebih jelas dari secangkir kopi. Beberapa alat yang biasa digunakan dalam metode pour over adalah v60 dan kalita wave.

2. French Press

Metode pers Perancis juga merupakan salah satu metode yang paling populer dan populer karena mudah digunakan, harga terjangkau dan selalu menghasilkan persepsi tubuh yang tebal. Dalam metode ini, bubuk kopi yang digunakan disarankan tidak terlalu halus, agak kasar. Bubuk kopi “direndam” dalam air selama sekitar 4 menit sebelum ditekan dengan plunger ke bagian bawah untuk memisahkan ampas kopi. Metode pers Prancis dianggap mampu menghasilkan kopi dengan rasa yang kuat dan tanpa bubur.

3. Syphon/menyedot

Metode lain yang populer juga menggunakan pembuat kopi siphon. Desain pembuat kopi terdiri dari beberapa bagian, yaitu tempat kopi dan dudukan, wadah udara, tungku dan tutupnya. Desain pembuat kopi unik karena hampir terlihat seperti alat di laboratorium. Sistem kerja alat ini bekerja dengan menggunakan teknik hisap yang dihasilkan oleh uap panas. Tekanan ini menyebabkan aliran udara naik dan akan pipa kecil (corong), udara panas akan menetes ke cangkir. Ada filter di tempat kopi yang memiliki fungsi untuk menyaring bubur dari kopi itu sendiri sehingga kopi akan turun dan kembali ke wadah bawah kompilasi dimatikan. Kerugian dari metode ini adalah waktu yang dibutuhkan cukup lama, yaitu sekitar 15 menit.

4. Vietnam Drip

Peralatan dalam pembuatan Vietnam terdiri dari filter bawah, gelas, filter atas (tamper), dan penutup. Tamper harus diusahakan, agar kopi bisa keluar saat panas, maka kopi bisa keluar. Tamper itu sendiri memiliki 2 jenis, yang disekrup (memberikan tekanan tambahan) dan yang tanpa sekrup (bertekanan hanya dari perubahan). Piring saringan ditempatkan di atas cangkir, kemudian masukkan bubuk kopi ke dalam cangkir saringan, lalu tempatkan pengaduk di atas kopi, lalu tuangkan air panas. Kopi akan menetes sedikit demi sedikit ke dalam gelas yang telah diisi dengan krim kental manis. Vietnam drip awalnya menggunakan kopi panggang hitam dan krim kental manis sebagai penyeimbang rasa pahitnya. Tapi sekarang, peminum kopi lebih suka bereksperimen dengan berbagai jenis kopi dan campurannya untuk mendapatkan rasa, Vietnam sesuai dengan selera mereka.

Sumber: kapalapiglobal

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s