Advertisements

Right Issue – Pengertian dan Contoh Perhitungan

Right Issue atau HMETD (HAK Memesan Efek Terlebih Dahulu) adalah Hak bagi pemegang saham untuk membeli saham baru pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Pemegang saham yang berhak membeli saham right issue adalah pemegang saham yang memiliki atau memegang saham perusahaan hingga batas akhir cum date. Jika pemegang saham tersebut tidak mengambil haknya, maka ia dapat menjual hak-nya tersebut kepada investor lain. Dengan demikian di pasar modal juga dikenal perdagangan right.  Jadi right  adalah hak yang diberikan kepada pemegang saham lama untuk terlebih dahulu membeli saham yang baru dikeluarkan dengan tujuan agar para pemegang saham lama diberi kesempatan untuk mempertahankan persentase kepemilikannya dalam suatu perusahaan.

Pemegang saham tidak mempunyai kewajiban untuk melaksanakan haknya tersebut.

Ada 2 (dua) jenis Right issue/HMETD dalam menawarkan kepada pihak lain:

1. Dengan HMETD: Dimana yang berhak membeli saham baru adalah pemegang saham perusahaan yang berhak.
2. Tanpa atau non HMETD: dimana saham baru hanya ditawarkan kepada satu atau beberapa pihak saja.

Tujuan dan Dampak Right Issue

Bagi perusahaan Tujuan Right Issue antara lain untuk meningkatkan Jumlah modal Perusahaan yang digunakan dalam rangka meningkatkan jumlah produksi atau produktivitas perusahaan, seperti membangun pabrik baru. menambah jumlah mesin, berinovasi dalam produk dan lain sebagainya. bisa juga digunakan untuk mengakuisisi perusahaan lain. sehingga berdampak kepada meningkatnya kinerja keuangan perusahaan.

Selain itu Tujuan Right issue bagi perusahaan adalah untuk membayar utang perusahaan yang telah jatuh tempo atau mengurangi beban hutang yang ada. sehingga keuangan perusahaan terlihat lebih sehat dan mengurangi beban bunga perusahaan.

Bagi Investor atau Pemegang saham Apabila harga Right Issue lebih rendah dari harga saat sebelum dilaksanakan right issue dan pemegang saham tidak melaksanakan hak nya maka ada dua kerugian, pertama kepemilikan sahamnya terdilusi dan yang kedua nilai sahamnya menurun.

Informasi Menarik : Jual Sajadah Busa Empuk, Halus dan Lembut

Selanjutnya : Contoh Kasus atau Soal Right Issue

Advertisements

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s